About

Kamis, 29 Oktober 2015

Kebudayaan Kota Balikpapan

Kota Balikpapan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Selain disebut beruang madu Kota ini memiliki julukan kota minyak karena banyak terdapat tambang minyak disana. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal karena pendapatan daerah yang tinggi. Balikpapan juga merupakan kota pendapat penghargaan adipura terbanyak karena kebersihan dan kenyamanannya, bahkan Balikpapan mampu mengalahkan Paris dalam ajang vote #welovebalikpapan. Kota ini memiliki bandar udara berskala internasional, yaitu bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman serta Pelabuhan Semayang selain pelabuhan minyak yang dimiliki pertamina. Di Balikpapan terdapat berbagai macam suku kebuyaan yang telah lama menetap disana antara lain; Suku Bugis, Banjar, Jawa, Madura, Dayak, Kutai, Toraja, Manado, Ambon, Chinese. Walaupun demikian bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia.

      Karena letak geografis Balikpapan yang terdiri dari kepulauan, maka hasil olahan khasnya tidak jauh dari makanan yang berbau olahan Seafood. Yang menjadi Primadona adalah berbagai olahan dari kepiting yaitu kepiting lada hitam, kepiting saos special, kepiting saus tiram,kepiting tauco, kepiting goreng mentega, hingga abon kepitin. Oleh-oleh yang harus dibawa ketika sedang berlibur ke Balikpapan adalah bingka, amplang, bakpia dan mantau. 

Ciri khas Balikpapan adalah kerajinan tangan yang terbuat dari rotan yang di anyam, batu-batu permata, pernak-pernik, dan bercorak dayak(Mandau).


Tempat wisata di Balikpapan

1.       Caribbean Island Waterpark Tempat wisata yang cukup megah ini memiliki belasan wahana yang mirip dengan water adventure new kuta green park di Bali. 


2.      Taman Monpera. Monumen perjuangan rakyat ini merupakan tempat wisata bersejarah yang bisa dibilang unik. Karena letaknya di pantai Balikpapan bukan di tengah kota selayaknya monumen di wilayah lain.



3.      Pantai Kemala. Lokasi tempat wisata berpasir putih ini masih di sekitar taman Monpera. Aktivitas yang biasa dilakukan di pantai Kemala adalah bermain banana boat dan flying fox.


4.      Hutan Bakau Margomulyo. Berfungsi sebagai hutan kota yang memiliki jembatan kayu sebagai sarana untuk dapat menikmati keindahan hutan tersebut. Hutan ini juga merupakan rumah bagi satwa ”bekantan” dan bekantan ini dapat dilihat ketika pagi hari atau sore hari.

5.      Pantai Manggar Segarasari pantai ini sering menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan yang bersifat rekreasi dan menghibur termasuk perayaan HUT Kota ini. Dalam beberapa tahun terakhir pantai ini selalu menjadi wahana berlangsungnya even pesta laut yang semarak.

6.      Penangkaran Buaya TeritipKoleksi buaya di penangkaran ini jauh lebih banyak daripada yang di Asam kumbang, yang merupakan obyek menarik di kota Medan.

7.      Taman BekapaiDi dalam taman ini terdapat kolam yang cantik dan memiliki fasilitas free wifi, sehingga wisatawan yang datang selalu memanfaatkan saluran internet gratis tersebut sambil duduk di sekitar kolam.
8.     Hutan Lindung Sungai WainLokasi hutan ini terletak di jalan antara Balikpapan menuju Samarinda pada kilometer 14

9.      Pantai LamaruPantai ini cukup nyaman meskipun kita tidak bisa berenang dan ingin bermain di tepi pantai. Kontur pasir pantai Lamaru cukup landai dan berwarna putih kecoklatan, serta tidak berkarang sehingga lembut di kaki. Bahkan saat air laut surut, anda dapat berjalan di pasir pantai yang menjorok ke tengah laut.

0 komentar:

Posting Komentar